Mendag Zulhas Izinkan Emak-emak Beli Minyak Goreng 10 L Sekaligus

Mendag Zulhas pantau harga pangan di Pasar Cibubur, Kamis (16/6/2022). (Kemendag)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 22 Juni 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Pembelian minyak goreng curah tak lagi dibatasi pemerintah karena stok yang ada cukup dan stabil. Lantas masyarakat, terutama emak-emak bisa beli minyak goreng curah 10 liter sekaligus.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyampaikan mulai Rabu (22/6/2022) pembelian minyak goreng curah sudah tidak dibatasi. Masyarakat boleh membeli hingga 10 liter per hari dengan harga Rp14.000 namun tetap menggunakan KTP.

"Mulai hari ini boleh sampai 10 liter," ujar Mendag Zulhas ketika melakukan kunjungan ke warung pangan di kawasan Klender, Jakarta Timur, Rabu (22/6/2022).

Menurutnya, pembebasan pembelian ini untuk mendukung para UMKM kecil yang menjadi kan minyak goreng sebagai komponen utama dalam proses produksi makanan.

Mendag Zulhas menyebut salah satu pertimbangannya adalah karena saat ini distribusi minyak goreng curah rakyat sudah tergolong lancar. Bahkan di beberapa toko pun minyak goreng curah sudah cepat terserap oleh masyarakat.

"Karena terus terang ini sudah lancar (distribusi) nya, bisa bisa pasokannya sudah lebih banyak daripada yang beli," tambahnya.

Menurutnya, kebijakan baru tersebut diharapkan bisa membatu para pedagang yang membutuhkan banyak minyak goreng dalam bisnis usahanya. Praktis para pedagang tidak perlu setiap hari bolak balik atau terkena pembatasan pembelian minyak goreng curah.

Baca Juga: Mendag Zulhas Izinkan Emak-emak Beli Minyak Goreng 10 L Sekaligus
Khofifah Sidak, Harga Minyak Goreng Curah di Surabaya Sudah Sesuai HET

"Pertimbangannya itu UMKM kecil yang dikampung-kampung, kalau disini kota, kalau di daerah kan," jelasnya.

Kendati demikian, pembelian minyak goreng curah hingga 10 liter bukan hanya diperuntukkan bagi para pelaku usaha. Masyarakat umum juga boleh-boleh saja membeli minyak goreng curah hingga 10 liter per harinya.

"Saya dapat laporan di warung itu stoknya lebih, karena harganya sudah stabil jadi orang tidak berebut lagi, kalau masyarakat umum ya boleh boleh saja," pungkasnya.

Video Terkait