Kemendag Dorong Akses Pasar Produk Indonesia Manfaatkan Program AJC

Ilustrasi pelabuhan ekspor. (Pixabay)

Editor: M Kautsar - Kamis, 23 Juni 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi mengatakan peran ASEAN Japan Centre (AJC) semakin relevan dan sesuai program reformasi AJC. Dia mengapresiasi peran AJC dalam mendorong kerja sama lebih erat antara ASEAN dengan Jepang.

"Indonesia berharap pemanfaatan berbagai program promosi perdagangan, pariwisata, dan investasi yang diselenggarakan AJC turut mendorong peningkatan perdagangan dan investasi Indonesia- Jepang," kata Didi dikutip, Kamis (23/6).

Indonesia beserta negara ASEAN lainnya dan Jepang menggelar pertemuan The first 42nd Annual Meeting of the Council of the ASEAN–Japan Centre (AJC) secara virtual pada Selasa (21/6). Pertemuan ini membahas program rencana strategi jangka menengah AJC 2022-2025 atau AJC 5.0.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor, Ni Made Ayu Marthini menyatakan Indonesia sangat mendukung Program ASEAN Digital Trade Promotion yang akan dilaksanakan pada 2023. Ni Made menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan mempromosikan produk-produk ASEAN ke Jepang dalam platform tunggal yang mencakup fasilitasi penjajakan bisnis daring (online buss matching) dan kontak bisnis (business contact).

Lebih lanjut, Ni Made menjelaskan bahwa AJC 5.0 akan dicapai melalui lima tujuan, lima strategi, dan lima peluang yang terfokus pada pemanfaatan The Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dan perdagangan berkelanjutan, pariwisata, dan investasi.

"Pemanfaatan RCEP ini sejalan dengan prioritas Kemendag untuk terus mendorong akses pasar produk Indonesia ke negara mitra, termasuk Jepang melalui skema perjanjian dagang," imbuh Ni Made.

Sebagai informasi, AJC adalah organisasi antarpemerintah yang didirikan negara anggota ASEAN dan Jepang pada 1981.

Baca Juga: Kemendag Dorong Akses Pasar Produk Indonesia Manfaatkan Program AJC
Kejagung Sebut Belum Temukan Bukti Eks Mendag Lutfi Terima Suap Ekspor CPO



Tujuan utama pendirian AJC untuk mempromosikan perdagangan negara-negara anggota ASEAN ke pasar Jepang dan investasi dari Jepang ke negara-negara anggota ASEAN.

Selain itu, untuk meningkatkan pariwisata dan kegiatan pertukaran orang ke orang antara negara-negara anggota ASEAN dan Jepang melalui seminar, lokakarya, program peningkatan kapasitas, penelitian, dan analisis kebijakan, acara lintas budaya, publikasi, serta layanan informasi.

Video Terkait