Berlaku Hari Ini, Begini Cara Beli Minyak Goreng Curah Pakai PeduliLindungi

Ilustrasi minyak goreng curah. (Antara)

Editor: Dera - Senin, 27 Juni 2022 | 10:00 WIB

Sariagri - Hari ini, pemerintah secara resmi mulai sosialisasi dan transisi perubahan sistem penjualan dan pembelian minyak goreng curah dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Sosialisasi akan dilakukan selama dua minggu. Nantinya setelah masa sosialisasi selesai, semua penjualan dan pembelian minyak goreng curah akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Melansir dari laman Kemaritiman dan Investasi RI, berikut cara membeli minyak goreng curah dengan PeduliLindungi

  • Instal aplikasi PeduliLindungi di smartphone masing-masing.
  • Kamu datang ke toko pengecer yang menjual minyak goreng curah.
  • Scan QR Code yang ada di pengecer.
  • Perlihatkan hasil Scan QR Code yang ada di aplikasi PeduliLindungi kamu. (Jika berwarna merah, kamu tidak bisa membeli, jika hasil scan berwarna hijau, kamu bisa membeli.

Jika tidak punya PeduliLindungi, bisa pakai KTP

Namun jika tidak memiliki aplikasi PeduliLindungi, kamu tidak perlu khawatir karena masih bisa membeli minyak goreng curah dengan cara menunjukkan KTP kepada pedagang. Nantinya pengecer akan mencatat Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada KTP.

Penting untuk diketahui yah Sobat Agri, jika sementara waktu, pembelian minyak goreng curah dibatasi maksimal 10kg per NIK per hari.

Seperti diketahui, sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut  penggunaan PeduliLindungi dalam sistem pembelian minyak goreng curah bertujuan sebagai alat untuk memantau dan mengawasi distribusi komoditas tersebut dari produsen ke konsumen.

Baca Juga: Berlaku Hari Ini, Begini Cara Beli Minyak Goreng Curah Pakai PeduliLindungi
Cek Harga Minyak Goreng Curah, Berikut Daftarnya di Berbagai Daerah

Pihaknya berharap penggunaan PeduliLindungi dapat memitigasi potensi penyelewengan yang dapat menyebabkan terjadinya kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng. Luhut juga menjamin konsumen bisa memperoleh minyak goreng curah dengan HET, yakni Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram.

Jumlah tersebut dinilainya sudah mencukupi untuk kebutuhan rumah tangga bahkan pengusaha usaha-usaha kecil. Di mana Minyak goreng curah dengan harga tersebut bisa diperoleh di penjual atau pengecer yang terdaftar resmi dalam program Simirah 2.0 dan juga melalui Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran (PUJLE), yakni Warung Pangan dan Gurih.

Video Terkait