Ada Pasokan Sapi Lokal , Harga Daging Sapi Di Yogyakarta Stabil

Pedagang daging di Pasar Gamping Sleman DIY (Sariagri/ Kharisma)

Editor: Andry - Jumat, 29 Januari 2021 | 18:15 WIB

SariAgri -  Gejolak harga daging sapi di beberapa daerah , dampak langkanya sapi impor ternyata tidak berimbas ke Yogyakarta. Hampir di semua kota dan kabupaten di Yogya  harga daging sapi tetap masih stabil di kisaran Rp.120.000 per kilogram. Salah satunya di Kabupaten Sleman , saat dipantau Sariagri Jumat (29/01) ini harga daging sapi masih belum berubah.

Menurut salah satu pedagang daging sapi di salah satu Pasar Gamping, Siti (45) mengungkapkan harga daging sapi perkilonya Rp.120.000 yang mana harga tersebut merupakan harga yang stabil dan tidak mengalami kenaikan harga.

Stabilnya harga karena  ketersediaan daging  masih tercukupi dan juga permintaan dari konsumen juga masih wajar dan normal sehingga tidak ada perubahan harga pada daging sapi.

“Kalau sekarang itu cuma berkurangnya karena jogja diterapkan pembatasan waktu pas covid gini jadi ya kadang kita juga bahkan kadang daging itu sisa banyak”, tambah Siti.

Rata-rata daging sapi yang dijual di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan jenis sapi lokal, jadi  tidas terpengaruh dengan naiknya harga sapi impor yang ramai saat ini.

Kepala UPTD Pasar Hewan dan Rumah Pemotongan Hewan Ambarketawang, Yuda Andi Nugroho megaskan daging sapi yang dipasarkan di wilayah DIY khususnya Kabupaten Sleman merupakan daging sapi lokal.

“ Di wilayah Sleman sendiri biasanya daging dipasok dari sapi lokal. Untuk harga jualnya sampai hari ini masih stabil . Tidak  ada kenaikan  seperti daerah lain. Disini biasanya dijual Rp. 120.000 untuk perkilonya”, ujarnya

Stabilnya harga daging sapi di Yogyakarta, salah satunya karena Yogya memiliki lumbung sapi di Gunungkidul. Sapi lokal dari Gunungkidul inilah yang memasok kebutuhan daging di seluruh kabupaten lain.   

Pedagang sapi di Pasar Argosari Gunungkidul  sepi pembeli (Sariagri/Rizki)
Pedagang sapi di Pasar Argosari Gunungkidul sepi pembeli (Sariagri/Rizki)
Baca Juga: Ada Pasokan Sapi Lokal , Harga Daging Sapi Di Yogyakarta Stabil
DKPP Jawa Barat Gelar Pasar Murah Atasi Kenaikan Harga Daging Sapi

Situasi pandemi yang membuat pembelian daging sapi jadi lebih sepi. Sedikit sekali acara hajatan atau acara-acara yang membutuhkan masakan berbahan baku daging digelar saat ini.  Para pedagang pun memilih tak menaikkan harga agar stok yang mereka  tetap bisa terjual.

Kabid Perdagangan, Disperindag Gunungkidul, Yuniarti Ekoningsih mengatakan sejak awal tahun harga daging di Gunungkidul cenderung tidak mengalami perubahan harga yang cukup signifikan."Kalau naik pun rata-ratanya di Rp 120 ribu per kilo. Terakhir harganya di kisaran Rp 118 ribu," katanya.

Video Terkait