Jelang Ramadan, Harga Bawang Merah di Bekasi Masih Wajar

Lapak pedagang bawang merah dan sayuran di Pasar Baru Bekasi. (SariAgri/Dwi Rachmawati)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 7 April 2021 | 12:50 WIB

SariAgri -  Bawang merah merupakan salah satu komoditas bahan pokok yang sering mengalami fluktuasi harga. Ini terlihat di Pasar Baru Bekasi, pedagang bawang merah, Basirin mengatakan barang dagangannya dijual berkisar Rp30 ribu per kilogram.

“Bawang merah masih berada di kisaran Rp 30 ribu dan masih bisa dibilang wajar. Tidak seperti cabai rawit merah yang kenaikan harganya parah,” ujarnya kepada SariAgri saat ditemui di lokasi, Selasa (6/4/2021).

Di samping itu, Aliya (30 tahun) salah seorang pedagang bawang merah di Pasar Induk Cibitung mengaku harga bawang merah saat ini relatif stabil. Di lapaknya, dia menjual bawang merah berkisar Rp19 ribu hingga Rp27 ribu per kilogram, tergantung dari ukuran.

“Kalau sekarang harga lumayan stabil masih di bawah Rp30 ribu per kilogram, biasanya kalau saya perhatikan harga bawang akan naik kalau harga cabai murah,” ujarnya saat dihubungi SariAgri.

Aliya mengungkapkan bahwa harga bawang merah di Pasar Induk Cibitung beberapa waktu lalu sempat mengalami lonjakan hingga mencapai Rp35 ribu per kilogram. Menurutnya, saat itu kualitas bawang merah tidak terlalu baik.

“Sempat beberapa waktu lalu harga bawang merah di bandar Rp33 ribu per kilogram, saya jual Rp35 ribu per kilogram, bawang merahnya jelek basah gitu jadi cepet busuk,” ungkapnya.

Harga bawang merah yang tinggi pada saat itu, menurut Adit (23 tahun) petani bawang merah asal Grobogan, Jawa Tengah disebabkan karena adanya gagal panen dan turunnya hasil lahan bawang merah milik petani di daerahnya.

“Lahan bawang merah di daerah Grobogan, Demak, dan sekitarnya itu pada gagal panen karena hama grandong (ulat penggerek batang) jadi hasil panen sedikit, petani banyak yang rugi sampai ratusan juta,” katanya saat dihubungi SariAgri.

Selain itu, Adit juga menyebutkan bahwa adanya panen raya di daerah lain seperti di Nganjuk Jawa Timur, juga bisa menyebabkan harga bawang merah menjadi rendah.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Harga Bawang Merah di Bekasi Masih Wajar
Stok Bawang Aman, Tapi Harganya Terus Merangkak Naik di Sumsel

“Nah karena panen yang terlalu banyak di daerah Jawa Timur seperti Nganjuk bisa bikin harga bawang merah turun, ditambah kualitas yang rendah akibat musim hujan,” tambahnya.

Menurut Adit, saat ini di Grobogan, harga bawang merah di petani cenderung rendah yaitu berkisar Rp9 ribu hingga Rp 12 ribu per kilogram.

Video Terkait