Kabar Gembira! Warga Wilayah Ini Bisa Beli Minyak Goreng Murah

Operasi pasar Minyak. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 14 Januari 2022 | 19:25 WIB

Sariagri - Ratusan warga Kota Kediri menyerbu Kantor Kelurahan Banjaran, untuk bisa mendapatkan minyak goreng murah yang digelar pemerintah daerah setempat. Dengan tertib warga mengantri sistem kupon yang diberikan panitia agar tidak terjadi kerumunan.

Tiap kupon yang diserahkan ke panitia disertai fotokopi 1 identitas berupa KTP bisa digunakan untuk membeli maksimal 2 liter minyak goreng kemasan. Operasi pasar murah ini disambut baik warga terutama pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang terdampak mahalnya harga minyak goreng.

“Senang sekali dengan digelarnya operasi pasar murah ini. sebab kalau beli di luar atau di pasar harganya per liter sudah mencapai Rp20.000, sedangkan di sini hanya dijual Rp14.000. ada selisih harga Rp6.000, yang bagi kami pedagang gorengan sangat berarti, “ ujar salah seorang pembeli, Juwarni kepada Sariagri, Jumat (14/1/22).  

Sementara itu, Kabid Perdagangan Disperindagin Kota Kediri,  Salim Darmawan mengatakan operasi pasar digelar sebagai upaya mengendalikan laju harga minyak goreng yang terus naik dalam 2 bulan terakhir.

“Kenaikan harga minyak goreng ini merupakan salah satu penyumbang inflasi tertinggi di Kota Kediri. Operasi pasar yang kami gelar atas kerjasama Pemprov Jatim dan Pemkot Kediri ini bertujuan untuk menstabilkan harga minyak goreng, “ tutur Kabid Perdagangan Disperindagin Kota Kediri,  Salim Darmawan.

Lebih jauh Salim membeberkan dalam operasi pasar ini didistribusikan 12.000 liter minyak goreng yang terbagi di 2 tempat dengan masing-masing lokasi menyediakan 6.000 liter.

Baca Juga: Kabar Gembira! Warga Wilayah Ini Bisa Beli Minyak Goreng Murah
Harga Minyak Goreng di Wilayah Ini Tembus Rp24.000 per Liter, Pendagang dan Konsumen Resah

“Kami gelontorkan sebanyak 12.000 liter minyak goreng di 2 lokasi masing-masing titik 6.000 liter yakni di Kantor Kelurahan Banjaran dan Kantor UPT Perlindungan Konsumen Kota Kediri. Operasi pasar murah ini digelar 2 hari, terhitung hari ini Jumat hingga besok hari Sabtu,” terangnya.  

Salim menyebutkan untuk sementara yang bisa mendapatkan minyak goreng murah ini, diutamakan warga Kota Kediri.

“Pada intinya kami terbuka untuk siapa saja yang ingin membeli minyak goreng murah sebanyak 3.000 liter per hari ini dan besok disiapkan lagi 3.000 liter. Namun diutamakan warga kota Kediri dengan cukup menyetorkan fotokopi KTP. Jika bawa 2 fotokopi KTP bisa beli 4 liter   minyak goreng, “ tandasnya.

Video Terkait